10 alat pertama untuk membuat film

10 alat pertama untuk membuat film

Kalian binggung alat apa aja yang perlu disiapkan untuk membuat film ?
Nah Berikut adalah alat alat yang perlu kalian siapkan untuk membuat film.

10 alat pertama untuk membuat film

1. Kamera

Kamera menjadi alat utama dalam pembuatan film dokumenter. Saat ini, sebagian besar kamera foto bisa menghasilkan gambar beresolusi tinggi dan memiliki kemampuan merekam video berkualitas HD. Itulah sebabnya banyak yang memanfaatkan kamera DSLR untuk untuk mengurangi bujet produksi sebuah film. Namun ketika akan membuat film atau video documenter dengan menggunakan kamera DSLR pastikan kamera tersebut telah memiliki fitur Image Stabilization.

Adanya fitur Image Stabilizer akan mengurangi gambar yang bergoyang atau blur. Beberapa produsen kamera memiliki istilah masing-masing untuk penyebutan fitur ini. Canon dan Sony menggunakan istilah Image Stabilization (IS) sementara Nikon menggunakan istilah Vibration Reduction). Adanya fitur tersebut membuat kamera semakin bagus dari kualitas dan lain-lain.

2. Lensa

Salah satu alasan utama bagi sebagian besar orang yang memilih kamera DSLR atau digital single-lens reflex adalah untuk membuat film adalah keleluasaan untuk bergonta-ganti lensa. Sebagai pembanding, kamera video seharga di bawah US$ 5.000 atau Rp 66 juta, hanya memiliki satu lensa fix yang digunakan untuk merekam berbagai situasi. Nah, dengan berbekal DSLR maka Kamu memiliki pilihan untuk menggunakan lensa sesuai dengan situasi atau angle yang akan direkam.

Ketika Kamu membuat film narasi, maka yang diperlukan adalah lensa memiliki panjang rana (focal length) yang fix atau lensa-lensa “unggulan”. Beda kasus ketika merekam film documenter, maka perlu lensa yang memiliki kemampuan zoom. Jika berbicara mengenai aperture, maka sebaiknya Kamu gunakan lensa-lensa unggulan (prime lenses). Kamu akan dipaksa untuk berpikir mengenai penempatan kamera yang tepat dan tak hanya mengkamulkan zoom in-out saja, lensa juga sangat penting membantu kamera dalam membuat gambar.

Baca Juga : Binggung Cara Mempromosikan Produk

3. SD Card/ Memori

Memori adalah alat dimana kita menyimpan semua data yang telah dibuat dimasukan atau disave didalam memori tersebut, oleh karena itu ini sangat penting karena jika tidak punya memori tidak akan bisa menyimpan dan hasilnya akan percuma jika tidak disimpan, alat ini lah yang harus dipersiapkan dan di punya dalam menyimpan file atau data tersebut.

4. Tripod

Seringkali para videografer pemula tidak membawa peranti tripod saat merekam gambar. Hasilnya pasti bisa ditebak, kualitas gambar akan bergoyang. Jadi yang Kamu perlukan saat merekam video documenter adalah tripod yang memiliki video head sekaligus sehingga memudahkan saat akan merekam gambar dengan cepat dan stabil. Kamu pilih tripod khusus untuk video, bukan yang untuk fotografi.

 

Pertimbangkan kekuatan tipod untuk menyangga kamera DSLR Kamu. Ketika kamera ditambahi dengan aksesori maka bobotnya akan bertambah pula. Pilihlah tripod yang memiliki berat lebih besar daripada kamera sehingga akan kokoh dan tidak mudah goyang (steady).

5. Mic External

Mic sama seperti dengan audio dalam pembuatan film ataupun proses syuting,
Audio adalah aspek penting juga yang perlu diperhatikan saat membuat video dokumenter. Kamu juga memerlukan alat perekam suara eksternal. Alat ini sangat vital karena Kamu bisa mengambil trek suara lebih jelas daripada hanya mengkamulkan microphone kamera yang kualitasnya rendah. Salah satu sound recorder yang mumpuni dan direkomendasi para videographer adalah Zoom H4N. Perekam suara ini memiliki 4 channel audio recorder, 2 built in Stereo Condensor + 2 external input combo dengan phantom power. Bahkan Zoom H4N hingga saat ini masih menjadi stkamur sound equipment bagi industri film. Selain perekam suara, Kamu juga memerlukan mikrofon (microphone).

6. Filter

Ketika merekam video maka akan muncul keterbatasan dalam hal kecepatan rana (shutter speed) yaiu menggkamukan frame rate. Sebagai contoh saat Kamu merekam video 24p dan ingin kecepatan rananya 1/48 detik (dimana kecepatan rana DSLR 1/50 detik) maka tidak bisa mengontrol exposure sesuai harapan.

Tanpa adanya tambahan filter maka tak mungkin mendapatkan depth of field ketika merekam di bawah terik matahari. Itulah sebabnya Kamu memerlukan tambahan filter ND (Neutral Density) agar bisa memperoleh gambar yang terang tanpa harus mengorbankan warna.

7. Lighting

Pencahayaan sangat penting untuk menghasilkan gambar video yang tajam. Biasanya lighting yang digunakan di videografi adalah berjenis HMI atau Hydrargyrum Medium-arc Iodide. Namun sayangnya selain mahal juga tidak praktis, sehingga kini disiasati dengan LED.

Biasanya untuk membuat film dokumenter, setidaknya diperlukan 2 buah lampu LED yang ukurannya sama.

8. Clapboard
Clapboard juga sangat penting dalam hal proses syuting untuk menahan atau membuat sesuatu dari apapun agar tidak jatuh oleh karena itu harus ditahan menggunakan clapboard tersebut jika tidak ada maka akan jatuh sehingga mengacaukan semuanya.

9. Video

Video adalah sesuatu film atau editing yang dibuat bisa dibilang sudah jadi maka berbentuk video untuk diedit dan segera di lakukan tahap berikutnya.

10. Laptop/PC dengan software editing nya

Untuk mengedit dan membuat produk menggunakan laptop dan alat editnya agar terlihat menarik dan lebih bagus untuk dilihat oleh penonton lain, harus maksimal dan bagus agar tertarik untuk semua kalangan.

 

Nah Berikut 10 alat pertama untuk membuat film,  Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

Related Posts

Leave a comment

× How can I help you?
%d bloggers like this: