5 Point Penting Dalam Skenario Film

5 Point Penting Dalam Skenario Film

Halo guys, setelah sekian banyak mimin share tentang dunia perfilman, gak afdol rasanya kalau mimin gak ikut share tentang scenario dalam sebuah film.

5 Point Penting Dalam Skenario Film

Jadi guys dalam sebuah film terdapat sebuah scenario yang membangun cerita dalam film tersebut, dan tentu saja pembuatan scenario film gak mudah lho guys.
seorang scriptwriter harus memenuhi 5 point penting dalam penulisan sebuah scenario film, apalagi kalau sudah masuk kedalam kategori film nasional maupun internasional. Harus benar-benar bisa memenuhi 5 point tersebut supaya cerita yang ada didalam film tersebut bisa tersampaikan kepada penonton dengan baik.

Penasaran apa aja? Yukk cekidot.

  1. Point Of Attack
    Ini adalah hal mendasar untuk membuat cerita kalian tetap dan terus bisa melangkah maju. Dari point of attackini kalian bisa merunut bagaimana perjalanan karakter di stepselanjutnya. Poin penting di point of attack ini adalah sesuatu yang mengganggu rutinitas karakter utama. Misalnya, ada seorang musisi sederhana yang setiap harinya dia disibukkan oleh proses pembuatan lagu-lagu sederhana nya di sebuah rumah kecil, namun tiba-tiba ia harus dihadapkan dengan pemilik rumah kontrakannya yang mengusir dia secara paksa. Nah, sampai di sini kalian bisa membayangkan bagaimana, kehidupan dia dan langkah apa yang harus ia ambil.
  2. Plot Point 1
    Plotpoint I adalah soal langkah awal yang ia ambil secara mudah. Biasanya ini adalah cara paling mudah jadi pasti akan gagal atau berbenturan dengan hal lain secara cepat. Misalnya jika pakai contoh yang tadi, si musisi tersebut akhirnya pergi untuk tinggal dirumah neneknya di sebuah desa, Neneknya tinggal sendirian di sana. Si musisi pun akhirnya bisa punya rumah tinggal sementara dan bisa melanjutkan pembuatan lagunya seperti sediakala. Namun, sang nenek sakit-sakitan dan selalu minta hal-hal aneh padanya. Intinya langkah yang ia ambil ini masih sulit menemukan titik terang.

Baca Juga : 3 Sutradara Perempuan Terbaik

  1. Mid Point
    Nah, di poin ini adalah titik di mana karakter sudah berhasil menyelesaikan masalah-masalahnya. Jangan kalian kira ini adalah akhir dari cerita ya, ini sebenarnya adalah titik kemenangan palsu. Karakter merasa berhasil, padahal sebenarnya tidak. Karakter justru mendapatkan masalah atau hambatan lain. Misalnya si musisi akhirnya nekat mengurung neneknya di dalam kamar agar dia bisa melanjutkan proses pembuatan lagunya dengan tenang. Hari-hari dilewati seperti rutinitas sebelumnya. Namun nyatanya sang nenek justru kelaparan di dalam kamar selama berhari-hari.
  2. Plot Point 2
    Menyambung cerita di atas. Misalnya, bagaimana jika nasib sang nenek yang kelaparan berhari-hari di dalam kamar, tiba-tiba meninggal? Misalnya saja ceritanya jadi dark. Di sinilah karakter harus mencari taktik baru. Kehidupan karakter utama jadi berubah total. Semua masalah rasanya jadi makin runyam dan rumit seperti benang kusut. Taktik baru yang diambil sang karakter di titik ini biasanya berkebalikan dengan ending. Jadi, jika endingnya adalah ia berhasil membuang sang nenek dan tidak diketahui jejaknya, di titik ini dia harus gagal.
  3. Plot Twist dan Ending
    Tidak semua film harus menggunakan twist, tergantung selera, referensi, dan banyak hal yang bisa jadi pertimbangan. Twistbiasanya adalah sesuatu yang mengejutkan penonton, dan di luar ekspektasi penonton. Misalnya dengan cerita yang sudah tersusun tadi, di akhir film si musisi kaget ketika tahu wajah sang nenek yang sudah meninggal itu berubah menjadi wajah dia tapi versi sudah keriput. Misal dengan twist seperti itu mungkin bisa saja ending-nya adalah sang musisi hidup dengan tenang, tapi dia justru melupakan proses pembuatan lagu yang sebelumnya ia tekuni dan justru menciptakan lagu-lagu yang penuh dengan kemistisan dan lagu tersebut hanyalah berisi teriakan seram dan sesengguk tangis akibat kejadian yang di alami oleh neneknya tersebut. Karena twisttidak wajib hukumnya, maka kalian bisa tentukan, akan menggunakan twist saja, ending saja, dan atau keduanya.

 

Nah Berikut 5 Point Penting Dalam Skenario Film,  Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

 

Related Posts

× How can I help you?