Antara sensor dan megapixel apa perbedaan nya

Antara sensor dan megapixel apa perbedaan nya

Megapixel merupakan satuan yang menunjukkan resolusi gambar yang bisa dihasilkan oleh sebuah kamera melalui sensornya.

Megapixel memang tidak mempengaruhi kualitas dari kamera dan gambar yang dihasilkan. Megapixel hanya menentukan seberapa besar ukuran gambar yang dihasilkan. Gambar yang ukurannya terlalu kecil akan menunjukkan pixelation  gambar terlihat berkotak-kotak kecil  saat dibesarkan. Tapi sebenarnya dengan 16 megapixel saja gambar tidak akan pixelate saat dicetak. Ukuran gambar sebesar 41 megapixel hanya dibutuhkan ketika akan mencetak gambar pada billboard atau papan iklan.

Antara sensor dan megapixel apa perbedaan nyaGambar dibentuk ketika cahaya masuk ke dalam sensor. Ketika sensornya semakin besar maka lebih banyak cahaya yang dapat ditampung sehingga gambar akan lebih detil. Bahkan ketika dipotong menjadi bagian kecil atau diperbesar gambar akan tetap detil.”

Tapi bukan berarti megapixel tidak berperan. Singh mengilustrasikan megapixel dan sensor seperti orang dalam kamar. Sebuah kamar dapat diisi sepuluh orang. Jika diisi sepuluh orang, maka orang-orang tersebut akan nyaman. Memang setiap hal mempunyai perbedaan tetapi tidak membuat sensor atapun megapixel. Masing-masing mempunyai kegunaan yang berbeda karena jika disatukan hasil nya tidak akan bagus seperti yang dikira.

Baca Juga : Binggung Cara Mempromosikan Produk

Jika dipaksa untuk menggunakan keduanya jika ‘terlalu’ banyak pixel pada sebuah sensor, maka kualitas gambarnya akan menurun,” jelas Singh kepada NDTV Gadget.

Ada baiknya untuk melihat dan mempelajari lagi saat membeli barang atau benda untuk melakukan sesuatu seperti mengetahui ukuran sensor menjadi lebih penting dibandingkan dengan megapixel. Selain itu, kemampuan ISO atau sensitivitas kamera juga penting karena semakin besar ISO maka kamera tersebut akan mampu memotret dalam kondisi cahaya minim. Pelajari terlebih dahulu tentang sensor atau megapixel.

Tidak semua kamera ataupun megapixel bisa digabungkan karena hasilnya tidak sesuai dengan yang akan diperkirakan untuk itu perlu diteliti terlebih dahulu sebelum digabungkan.

Perbedaan dari sensor dan megapixel adalah kualitasnya yang berbeda dari masing-masing kegunaan nya. Ada baiknya dalam memilih atau membeli sensor lihatlah kualitas yang bagus agar kualitas menjadi lebih baik dan bagus. Untuk megapixel harus dengan teliti agar tidak terjadi kualitas yang mengecewakan.

 

Nah Berikut Antara sensor dan megapixel apa perbedaan nya,  Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

Related Posts

Leave a comment

× How can I help you?
%d bloggers like this: