Apa Itu Transisi Video

Apa Itu Transisi Video

Kalian sudah tau apa itu transisi ? Transisi dalam sebuah video merupakan sebuah hal yang sangat penting, Karena transisi membuat film/video jadi enak untuk di lihat. Transisi merupakan salah satu elemen penting, baik dalam penyutradaraan maupun penyuntingan gambar. Seorang sutradara harus sudah memikirkan transisi yang tepat antara satu adegan dengan adegan lain, sehingga ia bisa mempersiapkan shot untuk diolah di meja editing.

Apa Itu Transisi Video

Menggunakan transisi di setiap video adalah tugas besar dari seorang Editor Film / video editor, biasanya seorang video editor bertugas untuk memotong video atau cuting, memberikan transisi pada video, memberikan musik, dan juga memberikan visual efek.

Baca Juga : Binggung Cara Mempromosikan Produk

Jenis Jenis transisi itu ada banyak, dan berbeda beda fungsi nya.

Berikut Beberapa Transisi yang sering digunakan oleh para editor:

 

  1. Disolve

Teknik Dissolve adalah teknik transisi perlahan antara satu gambar ke gambar berikutnya. Dengan menggunakan teknik ini, saat transisi, kedua gambarmu akan terlihat seperti bertumpuk satu sama lain. Selain itu Dissolve juga dapat menandakan pergantian waktu yang lama, misalnya pergantian tahun, musim, dan sebagainya. Kemunculan transisi Dissolve bisa dibilang jarang karena gaya transisinya yang cukup mencolok.

Efek ini semacam bentuk transparasi pada dua video yang bertemu.

  1. Wipe

Jika Disolve adalah transisi yang berbentuk semacam transparasi nah WIPE ini kebalikannya. Wipe tidak bersifat gradual, ada garis yang jelas ‘menghapus’ gambar sebelumnya dan digantikan oleh gambar berikutnya. Wipe memiliki beragam bentuk mulai dari Wipe dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atas ke bawah, bawah ke atas hingga Wipe berbentuk lingkaran yang makin kecil. yaitu jelas mengeser atau menggantikan video sebelumnya

 

  1. Iris

Dalam transisi iris, video B akan muncul dari arah yang ditentukan yang semakin lama makin membesar menggantikan posisi video A. teknik editing yang memasukkan gambar lain di satu adegan yang sama dan masih berhubungan dengan action karakter secara singkat lalu kembali lagi ke gambar sebelumnya. Bentuk pembesaran dapat ditentukan sesuai pilihan.

 

Nah Berikut Apa Itu Transisi Video,  Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

 

Related Posts

× How can I help you?