Fungsi ND Filter

Fungsi ND Filter

Filter neutral density (ND) adalah salah satu filter yang paling penting dan banyak digunakan terutama untuk memotret long exposure. Filter ini didesain untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera dan mengenai sensor. Dengan demikian, waktu exposure dapat diperpanjang. Hal ini berguna dalam situasi dimana cahaya terlalu banyak.

Fungsi ND Filter

Filter ND memberikan anda keleluasaan untuk mengatur aperture dan shutter speed yang anda inginkan. Filter ND dapat digunakan pada hari yang cerah untuk memperpanjang exposure untuk membuat efek gerakan, tapi filter ND lebih efektif digunakan pada saat fajar atau senja, yang mana bisa membuat waktu exposure menjadi lebih lambat menjadi 1 detik atau lebih, contohnya adalah untuk membuat gambar ombak menjadi lembut dan berkabut.

Menggunakan filter ND tidak hanya untuk membuat waktu shutter menjadi lebih lama saja, filter ND juga bisa digunakan untuk memotret portrait pada hari yang cerah misalnya. Jika anda memotret portrait pada hari yang cerah, anda mungkin menggunakan aperture yang lebih lebar untuk memperoleh depth of field yang sempit. Menambahkan filter ND akan memungkinkan Anda untuk memilih aperture yang lebih lebar.

Baca Juga : Binggung Cara Mempromosikan Produk

Fungsi ND Filter

  1. Mengurangi jumlah cahaya yang masuk kedalam lensa, sehingga exposure dapat diperpanjang Dalam fotografi, cahaya matahari sering disebut available light. Matahari adalah lighting paling sempurna di dunia ini. Untuk kebutuhan foto biasa, cahaya matahari biasanya sudah lebih dari cukup untuk bisa menghasilkan jepretan yang berkualitas.
  2. Memungkinkan untuk mengatur apperture dan shutter speed lebih leluasa. Shutter speed merupakan ukuran kecepatan buka tutup jendela sensor atau selama apa sensor menerima cahaya. Kecepatan shutter diukur dalam satuan second (detik), semakin cepat shutter speed semakin cepat pula sensor menerima cahaya, dan sebaliknya. Aperture atau bukaan lensa adalah ukuran seberapa besar atau kecil terbuka-nya iris/diafragma lensa yang diukur dengan f-number
  1. Biasanya digunakan untuk mengaburkan objek yang bergerak cepat, seperti gerakan air dan awan, hingga pergerakan orang.

 

Nah Berikut Fungsi ND Filter,  Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

Related Posts

Leave a comment

× How can I help you?
%d bloggers like this: