Kamu tim apa? INDOOR Shooting atau OUTDOOR Shooting?

Kamu tim apa? INDOOR Shooting atau OUTDOOR Shooting?

Pementasaan indoor terletak di dalam ruangan, seperti auditorium, gedung, aula. Sedangkan pementasan outdoor terletak di luar ruangan berupa panggung, seperti di lapangan.

Umumnya pada pengambilan gambar INDOOR, para kameramen biasanya selalu menggunakan tripod. Sebaliknya pengambilan gambar di lapangan seperti NEWS jarang menggunakan tripod, melainkan hand held alias dipanggul saja dibahu. Bahkan dengan  handycam cukup digenggam saja. Namun untuk pengambilan gambar pada pembuatan film, penggunaan tripod justru sangat wajib.

 

Kamu tim apa? INDOOR Shooting atau OUTDOOR Shooting?

Perbedaan pementasan indoor dan outdoor adalah

1) Lokasi pementasannya.

Pementasaan indoor terletak di dalam ruangan, seperti auditorium, gedung, aula. sedangkan pementasan outdoor terletak di luar ruangan berupa panggung, seperti di lapangan.

2) Jumlah penontonnya pada pementasan.

Pada pementasan indoor, jumlah penontonnya terbatas. sedangkan pada pementasan outdoor, jumlah penonton bisa dalam jumlah banyak dan tidak terbatas sesuai dengan kapasitas lapangan.

3) Penataan panggung yang akan dipakai.

Pada pementasan indoor, penataan panggung dengan instrumen terbatas dan tertata dengan rapi dengan pengeras suara yang tidak terlalu keras. sedangkan penataan panggung outdoor, jumlah instrumen lebih banyak dan pengeras suara yang dapat mencakup kapasitas lapangan bahkan lebih dan banyak lagi.

Baca Juga : Binggung Cara Mempromosikan Produk

PERGERAKAN KAMERA  HARUS BERALASAN DALAM MELAKUKAN SHOOTING.

Bukan cuma hanya penataan atau pengertian seperti indoor dan outdoor tetapi adapun penataan kamera atapun pergerakan yang bagus dalam shoot. Cara nya sederhana dan mudah untuk di lakukan untuk seorang kameramen. Selain itu dalam sebuah tugas pengambilan gambar yang paling sederhana, hanya ada seorang saja yang bekerja, yaitu kameramen. Dia memutuskan hal-hal apa saja yang  perlu diambil gambarnya dengan kamera, sesuai dengan tema liputannya.  Namun dalam dunia pertelevisian, khususnya di bagian NEWS (pemberitaan), setidak-tidaknya  harus ada dua orang professional yang pergi ke lapangan untuk meliput berita, yaitu seorang reporter dan seorang kameramen.

Dibawah ini beberapa tips pergerakan kamera dalam pengambilan gambar :

  1. Jangan menggerakkan secara PAN kamera pada suatu adegan atau benda yang statis karena bisa membuat gambar atau video yang akan dibuat menjadi tidak maksimal atau bagus. Adapun tujuan untuk memperlihatkan sebuah titik yang menarik kepada titik yang lain. PAN hanya digunakan pada orang yang bergerak atau obyek bergerak.
  2. Jangan melakukan gerakan PAN ke kanan lalu PAN ke kiri berulang-ulang pada sebuah obyek. Cukup sekali saja gerakan PAN ke suatu arah dilakukan, ikuti aturan yang telah di tentukan atau di jelaskan agar mencapai tujuan yang maksimal.

 

Nah Berikut Kamu tim apa? INDOOR Shooting atau OUTDOOR Shooting?,  Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

Related Posts

Leave a comment

× How can I help you?
%d bloggers like this: