Mengenal Peran Assistant dalam Departement Film

Mengenal Peran Assistant dalam Departement Film

Asisten Sutradara atau biasa disebut Astrada ini bisa dikatakan merupakan tangan kanan sang Sutradara. Tugas Astrada ialah mengatur jadwal proses pembuatan film dan memastikan kru serta pemain film telah siap untuk memulai syuting. Fungsi adanya Astrada ini yaitu supaya Sutradara dapat berkonsentrasi pada aspek-aspek kreatif dan menjadi kunci agar proses syuting dapat tepat waktu dan berjalan dengan lancar.

Dalam produksi sebuah film, sutradara tidak bekerja sendiri. Selain bersama departemen lain, seorang sutradara memiliki asisten sutradara yang akan membantu dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kemampuan komunikasi dan manajemen yang utama dimiliki oleh seorang astrada. Dalam susunan hierarki SOP (Standar Operasional Produksi), asisten sutradara ada 3, yaitu asisten sutradara yang mengatur waktu atau penjadwalan, asisten sutradara yang mengatur acting, blocking dan moving, serta asisten sutradara yang mengatur kontinuiti adegan. Dua belah pihak harus memiliki persetujuan yang sama-sama enak dari pihak film dan pihak artis agar kalian berdua sama-sama enak dan tidak tergantung dengan jadwal yang padat baik dari artis maupun pembuat film atau tim syuting.

Selain itu, masih banyak tugas dan fungsi sutradara film secara umum, antara lain:

  1. Merencanakan Syuting

Merencanakan bukan hanya sekedar rencana namun harus di lakukan, kita akan membuat rencana yang seperti apa, Merencanakan semua agar terlihat rapih dan tertata dengan bagus, untuk membuat film atau syuting juga diperlukan kerapihan dalam menyiapkan semuanya mulai dari alat dan semuanya yang diperlukan saat syuting.

Baca Juga : Binggung Cara Mempromosikan Produk

  1. Membuat Jadwal Syuting

Membuat jadwal juga sangat penting dalam hal syuting, satu sisi sangat dibutuhkan dengan kepastian tanggal kapan akan mulai. Agar bukan hanya sekedar omongan belaka.

  1. Sebagai Penyambung Lidah Sutradara

Ini sangat diperlukan antara suara satu yaitu kameramen dan sutradara, untuk mengetahui posisi mulai, berhenti dan saat posisi istirahat.

  1. Mengontrol dan Mengatur Jadwal Pemain

Pemain juga terkadang sibuk dan bahkan banyak tanggal yang sangat susah untuk diajak syuting, perlu matang dalam memilih jadwal agar antara kalian dengan artis sama-sama enak dalam melakukan syuting.

 

Nah Berikut Mengenal Peran Assistant dalam Departement Film,  Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

Related Posts

Leave a comment

× How can I help you?
%d bloggers like this: