Prinsip Tata Letak dalam pembuatan desain grafis

Prinsip Tata Letak dalam pembuatan desain grafis

Prinsip Tata Letak dalam pembuatan desain grafis , dalam pembuatan sebuah desain grafis kita membutuhkan prinsip yang sangat pokok ataupun berguna dari grafis desain itu. Desain grafis merupakan sebuah bentuk komunikasi visual yang memakai gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan sebaik mungkin .

Sebuah teks juga dianggap sebuah gambar karena teks tersebut adalah hasil sebuah simbol-simbol abstrak yang mungkin tidak kita ketahui ataupun bisa dibilang dengan disembunyikan. Sedangkan prinsip desain adalah sesuatu tujuan yang dapat membantu dalam mencapai tujuan tertentu dalam pembuatan desain yang bagus dan menarik. Jadi inti dari prinsip dari desain grafis adalah sebuah tujuan ataupun sebuah maksud yang dalam menghasilkan sebuah desain ataupun dapat menyampaikan sebuah pesan ataupun informasi yang dapat digunakan.

Baca Juga : Binggung Cara Mempromosikan Produk

Prinsip Tata Letak dalam pembuatan desain grafisDi dalam sebuah desain grafis ini ada 6 prinsip-prinsip yang berhubungan dan dapat membantu menunjukkan bagaimana penggunaan elemen atau sebuah bagian dan sebuah hasil desain. Prinsip desain bisa membantu mencampurkan semua elemen atau sebagian elemen dari sebuah desain ke tempat yang baik.

1.Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan merupakan kondisi sebuah desain atau pun benda yang membuat semua kekuatan jadi bekerja dan tidak saling menghilangkan satu dengan yang lain.

2.Irama (Rhythm)

Irama merupakan sebuah pola pengulangan dan pergerakan secara berurutan yang berkelanjutan. Prinsip ini sesungguhnya ialah hubungan perulangan dan juga bentuk unsur rupa. Penempatan dalam sebuah desain keluaran atau layout secara berulang memberikan hasil yang halus,  santai, dan tenang. Pengulangan dan variasi merupakan kunci dalam pembentukan sebuah ritme visual.

3.Penekanan

Penekanan merupakan yang berdiri atau memperoleh perhatian pertama. Tata letak setiap keperluan yang khusus untuk menarik pembaca mata ke bagian dari tat letak

4.Proporsi

Kesatuan menolong bersama. Kesatuan suatu objek, unsur-unsur kelompok yang saling berdekatan sehingga mereka seperti punya bersama. Ulangi warna, bentuk dan tekstur. Pakai kotk untuk membuat kerangka untuk margin, kolom, jarak dan proporsi.

5.Harmoni (Keselarasan)

Keselarasan atau harmoni merupakan sebuah bentuk, warna, tema, ukuran dan lain sebagainya. Ternyata keselarasan ini memunculkan suatu keseimbangan dengan prinsip kesatuan.

 

Nah Berikut Penjelasan Prinsip Tata Letak dalam pembuatan desain grafis Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

 

Related Posts

Leave a comment

× How can I help you?
%d bloggers like this: